Pelatihan Best Practice dan Penulisan Buku

Pepustakaan Surya Cendekia kembali berkolabaorasi untuk menumbuhkan Budaya Literasi. Kali ini perpustakan sekolah SMA N 1 Bobotsari ini bekerja sama dng dengan Forum Edukasi IPS, Embrio Kita, dan rumahguru.id. Pelatihan diselenggarakan selama 2 hari yaitu hari Rabu-Kamis, 4-5 Agustus 2021 yang dilaksanakan secara virtual melalui zoom.

Acara ini dibuka oleh Bapak Sarwanta, M.Pd selaku founder Edukasi IPS. Selaku pembicara yaitu Triawati Agusnila, S.Pd, M, Pd yang pernah menajdi penulis Buku Best Practice Finalis Lomba Best Practice Nasional sekaligus Kepala Perpustakaan Surya Cendekia. Berikutnya adalah Nining Mariyaningsih, S.Pd, M.Pd yang  Penulis Buku Best Practice, Juara 1 Gupres nasional Penerima Satyalencana Nasional. Pemateri berikutnya adalah Mistina Hidayati, S.Pd  selaku Pemrasaran Terbaik Nasional Guru Berprestasi Kab Banyumas dan Arif Ediyanta, M.Pd, Juara 1 Guru Berprestasi Nasional.

Triawati Agusnila menyampaikan bahwa semua orang bisa menulis buku dan menyampaikan beberapa keuntungan, diantaranya adalah meningkatkan value diri, mendapatkan passive income danmemberikan sumbangsih keilmuan. Salah satu materi yang disampaikan adalah tips dan trik membuat hasil PTK menjadi buku yang layak diterbitkan.

Setelah pelatihan, peserta dibimbing secara intensif supaya menghasilkan karya buku. Buku bisa dimanfaatkan buat pengembangan diri peserta dan menjadi poin tersendiri untuk kenaikan pangkat. Kegiatan ini merupakan salah satu program perpustakaan Surya cendekia yaitu memberi pelatihan pada bapak ibu guru sehingga manfaat perpustakaan dirasakan oleh semua masyakarat secara luas. *Eko

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *