PENGGUNAAN APLIKASI GOOGLE EARTH SEBAGAI SARANA MENINGKATKAN KEMAMPUAN SPASIAL PESERTA DIDIK

Oleh : Kurnia Sukmawati, M.Pd.

(Gambar 1. Tampilan Google Earth di SMA Negeri 1 Bobotsari)
Dokumen pribadi/google earth

Belajar adalah proses sepanjang hayat yang berlangsung selama manusia masih bernafas. Kebutuhan akan ilmu akan terus meningkat dan berkembang sesuai dengan kemajuan zaman. Geografi adalah salah satu ilmu yang terus berkembang, sesuai dengan objek yang dipelajarinya yaitu alam semesta. Dinamika di Bumi terus terjadi setiap detiknya, fenomena alam terjadi setiap harinya. Maka dari itu implementasi ilmu geografi harus dapat diwujudkan dalam rangka mempersiapkan diri dengan berbagai fenomena geosfer yang terus terjadi.

Menurut  Femi (2009) kecerdasan spasial adalah kemampuan berpikir menggunakan gambar dan membayangkan dalam pikiran dalam bentuk dua tiga dimensi. Kemampuan spasial adalah salah satu modal yang penting untuk dikuasai dalam mempelajari geografi. Dengan kemampuan berpikir spasial yang baik, akan mempermudah manusia dalam melakukan kegiatan sehari-hari. Dengan berkembangnya teknologi, kemampuan spasial ini dapat dikembangkan melalui aplikasi-aplikasi yang dapat diinstal pada gawai, salah satunya google earth.

Google Earth merupakan aplikasi pemetaan interaktif yang dikeluarkan Google. Google Earth menampilkan peta bola dunia, keadaan topografi, foto satelit, terrain yang dioverlay dengan jalan, bangunan, lokasi ataupun informasi geografis lainnya. Google Earth dapat menampilkan foto satelit resolusi rendah yang menggambarkan gunung, laut, hutan, sampai foto satelit berresolusi tinggi seperti jalan, rumah, dan perkantoran (Yousman, 2008:3)

Pembelajaran masa kini terus berkembang dan tidak lepas dari peran teknologi yang semakin berkembang. Guru dituntut untuk terus dapat berinovasi dan mengembangkan media pembelajaran yang sesuai dengan perkembangan zaman. Tentu saja ini menjadi tantangan tersendiri bagi guru di era industri 4.0. Pembelajaran di kelas sekarang tidak lagi harus berpusat kepada guru melainkan kepada siswa. Dulu guru menjadi pusat aktivitas belajar mengajar, namun sekarang guru hanya sebagai fasilitator yang mendampingi siswa untuk dapat mengembangkan potensinya sesuai dengan kodrat alam dan kodrat zaman.

Gawai merupakan salah satu alat yang sudah sangat familiar bagi siswa. Hampir setiap aktivitas kini memanfaatkan gawai termasuk dalam kegiatan pembelajaran di sekolah. Dengan dikembangkannya aplikasi google earth yang dapat diinstal di gawai masing-masing siswa, akan mempermudah siswa untuk dapat mengakses berbagai informasi di permukaan Bumi yang dapat meningkatkan kemampuan spasial siswa. Tentu saja dengan pembekalan dan bimbingan dari guru dalam memeragakan penggunaannya, siswa dapat mengeksplorasi Bumi dari jarak jauh tanpa harus mendatangi lokasinya secara langsung.

Aplikasi Google Earth mempunyai banyak fitur yang dapat dimanfaatkan untuk mendapatkan segala informasi di permukaan bumi diantaranya time lapse untuk mengetahui perubahan muka bumi dari waktu ke waktu, street view untuk melihat kondisi riil di permukaan bumi, dan save picture untuk menyimpan gambar dari informasi yang dibutuhkan. Pengguna juga bisa memberikan tanda pada lokasi yang dituju, kemudian membuat dan menyimpan rute perjalanan. Dengan demikian pengguna dapat memilih rute favoritnya serta mempunyai alternatif ketika ada kendala di jalan utama.

(Gambar 2. Fitur time lapse pada Google Earth)
Dokumen pribadi/google earth

Penerapan Google Earth dalam pembelajaran geografi diharapkan dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam mengilhami ilmu geografi terutama berkenaan dengan prinsip deskripsi, distribusi, interelasi, dan korologi. Google Earth menampilkan kondisi nyata di permukaan bumi yang diharapkan mampu memberikan gambaran tentang fenomena geosfer. Siswa juga bisa memetakan persamaan dan perbedaan fenomena serta menganalisis masalah dan solusi yang muncul. Dengan demikian pembelajaran geografi dapat berjalan dengan menyenangkan serta aplikatif dalam kehidupan sehari-hari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *